-->
Pasang Iklan

Review dan Sinopsis The Great Gatsby F. Scott Fitzgerald

Spot Iklan 768x90 120x120 300x250 Tersedia, Hubungi Via Facebook

Jika hidup itu ibarat kopi, mungkin pahit rasanya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa berfikir untuk membuat kopi itu menjadi manis untuk dinikmati. Carilah sesuatu yang bisa menjadikan hidup itu menjadi manis, bukankah soal rasa hanya masing-masing dari kita yang menciptakannya?

Selamat menikmati Hidup :-)



Keterangan


Judul Novel : The Great Gatsby

Penulis : F. Scott Fitzgerald

Penerbit : Charles Scribner's Sons

Genre : Fiction

Terbit Asal : 10 April 1925

Terbit Indonesia : 1 Oktober 2010

ISBN Asal : 0-7432-7356-7

ISBN Indonesia : 978-979-024-192-3

Dimensi Novel : 13 x 20,5 cm

Jumlah Halaman : 288

Negara : United States

Penyunting Bahasa : Sri Noor Verawaty



Karakter



  • Jay Gatsby
  • Nick Carraway
  • Tom Buchanan
  • Jordan Bakker
  • Myrtle Wilson
  • James Gatz
  • George Wilson

Review


Novel yang berjudul The Great Gatsby merupakan karya ketiga F. Scott Fitzgerald seorang Novelis, Pengarang Cerpen dan Penyair.

Novel ini mengunakan sudut pandang orang ketiga, Nick Carraway sebagai Narator.

Novel ini mengambarkan kisah uniknya pergaulan manusia antarkelas sosial dengan berbagai karakter yang tak kalah menarik, yakni potret kehidupan sosial masyarakat New York pada tahun 20-an. Setelah Perang Dunia I, di sana bermunculan orang kaya baru yang menunjukkan lunturnya nilai sosial dan moral dalam sinisme, keserakahan, dan pemenuhan hasrat akan kesenangan. 

Berlatar musim panas ekstrim pada tahun 1922, kisah dalam The Great Gatsby berpusat pada kehidupan seorang laki-laki yang dikenal sebagai Jay Gatsby. Setelah masa-masa Perang Dunia I berlalu, masyarakat Amerika tengah menikmati kemakmuran yang disebabkan oleh meningkatnya perekonomian negara itu. Banyak bermunculan orang kaya baru yang antara lain mendapatkan keuntungan dari penyelundupan dan penjualan alkohol. Saat itu, alkohol dilarang dijual dan dikonsumsi sebagaimana yang telah di sah kan dalam Amandemen ke 18 Konstitusi Amerika Serikat pada 28 Oktober 1919.

Pertama kali Nick mengenal Gatsby sebagai seorang laki-laki pembohong yang kurang pintar. Gatsby mengaku berasal dari keluarga kaya di Middle West tinggal di San Fransisco padahal kota ini terletak di West Coast, pernah belajar di Oxford seperti semua nenek moyangnya, dan setelah semua keluarganya meninggal, ia pun menjelma seorang jutawan. Menurut Gatsby, dengan kekayaannya ia sempat hidup dalam kemewahan di kota-kota Eropa seperti Paris, Venesia, dan Roma. Untuk kiprahnya di Angkatan Darat, ia mendapatkan Orderi di Danilo dari negara kecil Montenegro di Laut Adriatik yang faktanya sungguh sulit dipercaya. 

Nick Carraway adalah veteran Perang Dunia I dan merupakan lulusan Universitas Yale. Pada tahun 1922, ia meninggalkan Middle Western dan pergi ke New Yok untuk bekerja sebagai pialang saham. Nick yang sangat tidak nyaman dengan gaya hidup hedonisme dan dekadensi moral yang berkembang saat itu ia kemudian menyewa tempat tinggal di pinggiran New York, sebuah bungalo tua di West Egg, Long Island. Tepat di sebelah kanan bungalonya, terdapat sebuah mansion megah, milik dari Jay Gatsby.

Setelah mengenal Gatsby lebih dekat, Nick menemukan ada sesosok laki-laki bernama asli James Gatz dari North Dakota yang mengubah nama dan hidupnya yang miskin setelah bertemu dengan seorang pemilik yacht di Lake Superior. ia akan mengetahui juga cara Gatsby memperoleh kekayaannya.


Sinopsis


Nick, pendatang baru di New York. Dia dipercaya orang-orang di sekitarnya untuk menyimpan semua rahasia mereka. Daisy, meski bermulut pedas, ditaksir banyak laki-laki. Di balik semua itu, dia selalu berusaha sedemikian rupa menutupi sakit hati karena pengkhianatan suaminya. Tom, suami Daisy sekaligus teman kuliah Nick, lelaki berpendidikan tinggi, kaya, dan berperangai kasar dan suka selingkuh, tapi tak suka diselingkuhi. Jordan, perempuan muda yang cantik dan sinis. Dia berpacaran dengan Nick. Dari dirinyanya, Nick mengetahui perselingkuhan yang dilakukan Daisy dan Tom dengan pasangan masing-masing.

Seperti planet-planet yang mengorbit matahari, dalam pesta-pesta mewah setiap malam Minggu, kisah mereka berpusat pada seorang lelaki muda orang kaya baru yang misterius bernama Gatsby.
Pasang Iklan
b Comments