-->
Pasang Iklan

Review dan Sinopsis Novel 5 Cm Donny Dhirgantoro

Spot Iklan 768x90 120x120 300x250 Tersedia, Hubungi Via Facebook

Jika hidup itu ibarat kopi, mungkin pahit rasanya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa berfikir untuk membuat kopi itu menjadi manis untuk dinikmati. Carilah sesuatu yang bisa menjadikan hidup itu menjadi manis, bukankah soal rasa hanya masing-masing dari kita yang menciptakannya?

Selamat menikmati Hidup :-)




Keterangan



Judul Novel : 5 Cm

Penulis : Donny Dhirgantoro

Genre : Adventure, Fiction

Penerbit : Grasindo

Terbit : November 2005

ISBN : 9789790251762

Dimensi Novel : 15.2 cm x 21.7 cm

Jumlah Halaman : 382

ISBN : 9797591514

Negara : Indonesia


Karakter



  • Zafran
  • Genta
  • Arial
  • Ian
  • Riani





Review


Karangan yang berjudul 5 cm adalah novel karya Donny Dhirgantoro yang selesai pada tahun 2005 dan diterbitkan oleh Grasindo. Novel ini menceritakan tentang perjalanan 5 sahabat yakni Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta. Novel ini mengajarkan tentang harapan, impian, tekad, cinta dan persahabatan. Novel ini mencetak rekor Bestseller book di Gramedia Bookstore selama 2 tahun berturut-turut. Pada tahun 2012, novel ini diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama 5 cm.

Buku karangan fiksi yang berjudul 5 Cm berjenis novel ini  menceritakan tentang perjalanan dan kisah persahabatan serta nasionalisme. Kelima tokoh paling utama yakni Arial, Riani, Zafran, Genta, Ian sudah ada dalam lingkar persahabatan sepanjang lebih kurang 7 tahun. Sampai satu waktu mereka diliputi kebosanan. Kehidupan yang monoton bikin mereka berfikir untuk berpisah selama 3 bln.. Dalam saat “berpisah tersebut”, mereka tak diperbolehkan lakukan komunikasi berbentuk apa pun. Dalam kurun 3 bln. tersebutlah, mereka ditempa dengan hal baru. Dengan rasa rindu yang sama-sama menyilang. Perihal tokoh Riani yang menyukai salah satu sahabatnya. Perihal Zafran yang merindui adik Arial, sahabatnya sendiri. Perihal Genta yang memilih kagum pada Riani dengan diam. Serta ada banyak lagi yang lain. Inspirasi tentang nasionalisme disisip penulis dengan cerkas di bagian waktu mereka kembali berjumpa. Ke lima teman dekat ini mengambil keputusan menunaikan rindu dengan mendaki puncak gunung paling tinggi di Pulau Jawa, Semeru. Surga dunia yang dititip Tuhan di Nusantara. Argumen yang kian lebih cukup untuk beberapa orang (terutama anak muda) untuk menyukai bangsa ini serta memajukannya dengan kemauan yang disimpan di jidat, tidak kian lebih 5 cm. Di bagian ini juga, penulis mengubah cerita persahabatan jadi cerita petualangan yang dibumbui cerita cinta yang manis. Cinta segitiga diantara mereka dikemas dengan tawa bukanlah tangis. Hal semacam ini yang jadikan 5 Cm menarik. Hal kecil yang mainstream di buat tidak sama namun alami. Hal-hal lain yang mempertegas semangat nasionalisme dalam buku ini yaitu petikan-petikan quote yang powerful umpamanya :

Sebuah Negara Tak Akan Pernah Kekurangan Seseorang Pemimpin Jika Anak Mudanya Kerap Berpetualang di Hutan, Gunung & Lautan.




Sinopsis


5 orang pemuda yang bersahabat selama 7 tahun semasa awal perkuliahan sampai saat ini. Kelima anak muda tersebut diantaranya bernama Zafran, Genta, Arial, Ian, dan Riani. Mereka berlima begitu akrab dan selalu menjalani aktivitas sehari-hari bersama. Karena begitu seringnya mereka melakukan aktivitas bersama-sama, sampai pula pada saat dimana titik jenuh menghampiri mereka. Dalam hubungan persahabatan pun kejenuhan pasti ada walaupun sedikit. Ketika mereka menyadari bahwa hal-hal yang mereka lakukan bersama-sama selama ini terasa hambar dan biasa saja, Genta berinisiatif untuk tidak saling berkomunikasi satu sama lain. Alasan Genta mengambil keputusan ini diantaranya yakni karena hubungan mereka yang terasa hambar dan biasa saja, disamping itu juga masih ada mimpi-mimpi yang belum terlaksana diantara mereka, terutama Ian, sampai saat ini hanya Ian yang belum menyelesaikan studi S1 nya di Universitas Indonesia. Awalnya usulan Genta ini tidak disetujui oleh teman-temannya, namun setelah rasionalisasi dilakukan, maka kelimanya sepakat untuk tidak bertemu dan berkomunikasi selama 3 bulan. Selama tiga bulan itu mereka menyelesaikan mimpi-mimpi yang tertunda dan melakukan kewajiban-kewajiban masing-masing. Suatu ketika mereka jenuh akan aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama. Terbesit ide untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Ide tersebut pun disepakati. Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Dalam perjalanan tersebut mereka menemukan arti manusia sesungguhnya.
Perubahannya itu mulai dari pendidikan, karir, idealisme, dan tentunya love life. Semuanya terkuak dalam sebuah perjalanan ‘reuni’ mereka mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru. Dan di sanalah cerita bergulir, bukan hanya seonggok daging yang dapat berbicara, berjalan, dan punya nama. Mereka pun pada akhirnya dapat menggapai cita-cita yang mereka impikan sejak dulu.
Pasang Iklan
b Comments