-->
Pasang Iklan

Review dan Sinopsis Novel Bilangan Fu Ayu Utami

Spot Iklan 768x90 120x120 300x250 Tersedia, Hubungi Via Facebook

Jika hidup itu ibarat kopi, mungkin pahit rasanya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa berfikir untuk membuat kopi itu menjadi manis untuk dinikmati. Carilah sesuatu yang bisa menjadikan hidup itu menjadi manis, bukankah soal rasa hanya masing-masing dari kita yang menciptakannya?

Selamat menikmati Hidup :-)




Judul Novel : Bilangan Fu

Penulis : Ayu Utami

Genre : Fiksi

Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia

Terbit : Juni 2008

Halaman : 537 + Cover depan dan belakang Novel

ISBN : 978 - 979 - 91 - 0122 - 8

Negara : Indonesia


Review :
Novel Bilangan Fu ini adalah manifesto Ayu Utami tentang sebuah sikap yang dianggap perlu diutamakan di zaman ini: sikap religious atau pun spiritual yang kritis. Karena didalam novel ini terdapat perdebatan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan hal spiritual, seperti mistis, takhayul, sesajen dan juga kehidupan beragama monotheisme.


Ayu utami menamai nafas novelnya “Spirirtualisme kritis “, yaitu yang mengangkat wacana spiritual-keagamaan, kebatinan maupun mistik ke dalam kerangka yang mengjhormatinya sekaligus bersikap kritis kepadanya; yang mengangkat wacana keberimanan, tanpa terjebak dalam dakwah hitam dan putih.


Eksplorasi gaya penulisannya novel Bilangan Fu ini layaknya menyusun puzzle-puzzle tadinya berantakan kemudian disusun satu persatu hingga susunan puzzle menjadi cocok satu sama lain. Sekuel-sekuel yang ada pada setiap bab yang tadinya sekilas tidak menyambung kemudian bisa mengalir seperti memecahkan teka-teki setelah tahu kuncinya dan memahami materi yang di tampilkan pada setiap bab yang terbagi dalam tiga bagian yaitu Modernisme, Monoteisme dan Militerisme. Dari per bab tersebut terbagi dari sub bab lagi yang lebih detail dan rinci. Dan satu tantangan lagi adalah penggunaan diksi dan metafora yang berat membuat pembaca harus bolak-balik membuka halaman-halaman sebelumnya untuk memahaminya kembali. Jadi bacalah kembali agar menemukan pemahaman detail mengenai apa itu Bilangan Fu. Dan temukan kenikmatan gairah pengetahuan dan misteri di dalamnya yang belum pernah anda dapatkan di novel lain.

Sinopsis :
Yuda, "si iblis", seorang pemanjat tebing dan petaruh yang melecehkan nilai-nilai masyarakat. Parang Jati, "si malaikat", seorang pemuda berjari dua belas yang dibentuk oleh ayah angkatnya untuk menanggung duka dunia. Marja, "si manusia", seorang gadis bertubuh kuda feji dan berjiwa matahari.

Mereka terlibat dalam segitiga cinta yang lembut, di antara pengalaman-pengalaman keras yang berawal dari sebuah kejadian aneh, orang mati yang bangkit dari kubur, menuju penyelamatan perbukitan gamping di selatan Jawa.
Di antara semua itu, Bilangan Fu sayup-sayup menyingkapkan diri.


Keterangan : 
Novel Fiksi yang berjudul Bilangan Fu adalah salah satu novel trilogi karya novelis perempuan Indonesia Ayu Utami yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia "KPG" pada tahun 2008. Pada tahun yang sama, berkat novel ini, penulisnya memenangi penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa. Novel ini bercerita tentang persahabatan yang melibatkan cinta segitiga dan petualangan dengan latar belakang Pegunungan Kapu yang berada di pantai Selatan Jawa. 3 tokoh utama dalam novel ini adalah Yuda, Parang Jati, dan Manjali. Bilangan Fu merupakan buku pertama dari trilogi Bilangan Fu. Buku berikutnya adalah Manjali Cakrabirawa dan Lalita. Novel ini menyangkut wacana spritual-keagamaan, kebatinan maupun mistik.

Pasang Iklan
b Comments